Tutorial Blog One Piece Data | Meta Tags | HTML

Selasa, 27 Maret 2012

FAQ One Piece

,

Q : Siapakah Pengarang One Piece ?
A : Mangaka jenius Eiichiro Oda Sensei,Lahir Kumamoto,1 Januari 1975 dan 
 manga One Piece mulai diserialisasikan pada majalah Shonen Jump edisi #34 pada tanggal 4 Agustus 1997

Q:Di Televisi mana One piece disiarkan di jepang?
A:Di saluran Fuji TV.Animenya mulai diproduksi oleh Toei Animation di Fuji TV pada 20 Oktober 1999.

Q:Berapa total Movie One Piece hingga sekarang?
A:Total sekarang ada 11:
1.One Piece: The Movie. Movie pertama dengan self titled, menceritakan petualangan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, (Sanji belum masuk) mencari harta yang ditinggalkan Wonan, Bajak Laut legendaris. Tetapi harus berhadapan dengan Bajak Laut El Drago yang memiliki buah iblis.
2.One Piece: Adventure in Clockwork Island. Petualangan Kelompok Topi Jerami di pulau misterius di East Blue yaitu Clockwork Island untuk mengejar kapal mereka yang dicuri Kartu Bersaudara.
3.One Piece: Chopper's Kingdom of the Strange Animal. Kisah yang berpusat pada Chopper yang mendadak menjadi seorang Raja dari segala hewan.
4.One Piece: Dead End Adventure: Kisah tentang perlombaan balap kapal yang diikuti Topi Jerami karena kekurangan biaya. Tetapi ternyata pertandingan ini telah dikorup oleh Bajak Laut yaitu Jenderal Gasparade.
5.One Piece: Curse of Seven Star Sword. Cerita yang memusatkan Roronoa Zoro, bercerita tentang keberadaan pedang terkutuk, Pedang Tujuh Bintang yang merasuki teman masa kecil Zoro, Saga.
6.One Piece: Baron Omatsuri and the Secret Island
7.One Piece: Giant Mechanical Soldier of Karakuri Castle. Bercerita tentang keberadaan pulau canggih yang dibangun Dr. Ratchet. Kelompok Topi Jerami bertujuan akan menghentikan ambisi Ratchet untuk menguasai dunia.
8.Episode of Arabasta: The Princess, Desert, and Pirates, menceritakan kembali sepenuhnya cerita Arabasta(akhir dari kisah Baroque Works).
9.Episode of Chopper: Island of Perpetual Winter. Berada di luar timeline aslinya, menceritakan kembali kisah Drum Kingdom (bergabungnya chopper) tetapi dengan kru yang sudah mencakup Robin dan Franky. Disertai dengan beberapa penyesuaian cerita lainnya.
10.Episode Strong World. Merupakan serial movie One Piece yang dirilis pada bulan desember 2009 di Jepang.
11.Mugiwara Chase. Serial movie One Piece 3D - 2011



Q:Berapa Asisten yang Oda miliki?
A:Terakhir keterangan dari Wawancara Oda,yang dimuat dalam One Piece Blue Deep,Oda memiliki 4 asisten yang membantu menyelesaikan tugasnya.


Q:Bagaimana bentuk Dunia dan Geografinya dalam One Piece?
A:Seperti layaknya bumi pada umumnya dan memiliki satelit berupa bulan,pada Dunia di One Piece memiliki 1 Planet (meski tampak seperti Bumi tetapi belum disebutkan Nama yang pastinya) dan memiliki 7 satelit yang mengelilingi planet tersebut.Dunia One Piece umumnya terbagi dalam 4 lautan luas, yaitu East Blue, West Blue, South Blue, dan North Blue. Sedangkan yang berperan sebagai "garis lintang 0 derajat" dalam serial ini adalah lintasan gunung dan batu raksasa berwarna merah bernama Red Line. Yang berperan sebagai "garis khatulistiwa" yaitu garis pelayaran yang terdiri dari pulau-pulau yang berkesinambungan bernama Grand Line.


Q:Apa itu Grandline?dan Bagaimana cara masuknya?
A:Grand Line adalah garis pelayaran yang membujur dari barat ke timur. Grand Line menjadi legendaris karena sangat berbahaya semenjak pintu masuknya. Selain itu, ada harta karun legendaris yaitu One Piece yang ditinggalkan oleh raja bajak laut, Gol D. Roger di ujung jalur pelayaran ini. Diperkirakan One Piece terletak di Raftel, pulau yang disebut-sebut sebagai akhir Grand Line.Cara masuk Grand Line adalah melewati gunung yang berada pada titik potong antara Grand Line dengan Red Line, yaitu Reverse Mountain. Karena sebuah gunung, kapal harus mendaki arus untuk masuk ke Grand Line, tetapi pada reverse mountain, air lautnya sudah menaiki gunung tersebut, sehingga kapal akan terbawa arus keatas. Peristiwa air laut naik dari tempat rendah ke tempat tinggi ini belum bisa dijelaskan. Jalur air yang naik ini hanyalah sebuah tempat kecil dan pas-pasan untuk sebuah kapal. Karena ini arus, sekali salah menempatkan kapal, kapal akan menabrak sisi reverse mountain dan hancur berkeping-keping.Empat jalur air yang mengalir ke gunung dari 4 lautan akan bertemu di satu titik dan mengalir ke Grand Line.


Q:Apa itu Calmbelt?
A:Kenapa kapal dari East Blue, West Blue, South Blue dan North Blue tidak bisa masuk ke Grand Line hanya dengan lurus saja ke utara laut atau ke selatan laut? Jawabannya adalah adanya Calm Belt. Calm belt adalah semacam perairan yang mengelilingi atau membatasi Grand Line.Di Calm Belt, tidak ada angin yang berhembus sedikit pun, sehingga terlalu mustahil untuk kapal layar untuk bergerak. Selain itu, Calm Belt adalah sarang monster laut dari Grand Line. Jadi sedikit saja membuat keributan, semua monster laut akan datang. Jadi mustahil untuk memakai dayung.

Q:Apa bahaya dalam Grandline?
A:Grand Line dijuluki kuburan bajak laut, karena banyaknya bahaya dalam Grand Line. Yang pertama yaitu Grand Line adalah tempat berkumpulnya bajak laut hebat yang mengincar One Piece. Termasuk di dalamnya adalah Yonkou, 4 kaisar bajak laut. Yang kedua adalah cuaca, jalur, dan iklim yang tidak logis Grand Line. Yang ketiga adalah adanya tiga kekuatan besar Grand Line, yaitu Sichibukai bajak laut yang disewa pemerintah, Markas besar angkatan laut, dan markas besar pemerintah dunia.Sekali masuk ke perairan Grand Line, kapal akan kehilangan arah. Tempat ini punya cuaca dan iklim yang tidak logis, selalu berubah-ubah dengan sangat cepat, terutama di pelayaran pertama. Pulau-pulau di Grand Line memiliki mineral yang dapat menciptakan medan magnetik, sehingga kompas tidak akan berlaku di Grand Line. Kompas untuk Grand Line dinamakan Log Pose. Log Pose dapat mencatat medan magnet pulau-pulau di Grand Line, termasuk pulau yang berada di langit. Jadi, Log Pose akan merekam pulau yang akan didatangi. Proses perekaman itu lamanya tergantung magnetik pulau, ada yang cuma perlu 4 hari ada juga yang 100 tahun.
Selain Log Pose, juga ditemukan Eternal Pose. Eternal pose selalu merekam dan tidak akan mengubah jarumnya ke suatu pulau di Grand Line. Itu sebabnya dinamakan Eternal.
Magnetik pulau-pulau inilah yang menyebabkan ketidaklogisan cuaca dan iklim di Grand Line.


Q : Apa itu “Chapter 0”?
A : Chapter 0 menceritakan tentang dunia One Piece 20 tahun yang lalu yaitu masa di mana bajak laut Gol D. Roger masih berjaya hingga saat dia dieksekusi. Chapter 0 dibuat sebagai prolog dari Movie One Piece ke-10 berjudul “One Piece Film : Strong World” yang akan berpusat dengan tokoh villain bernama Kinjishi no Shiki. Shiki sendiri adalah bajak laut veteran yang pernah jadi rival terberat Roger saat 20 tahun yang lalu.  

Q:Apa itu One Piece ?
A : Orang-orang menganggap One Piece sebagai “harta karun terbesar bajak laut", tetapi sesungguhnya belum ada sedikit apapun informasi tentang apa itu One Piece.Orang yang mengetahui One Piece hanyalah Gol D.Roger beserta para Krunya.
-Di Chapter 105,Crocus sebagai Dokter sementara Gol D.Roger  mengungkapkan  One Piece itu ada dan berada di Pulau Raftel,Pulau yang terakhir dari Grandline,Pulau yang legendaris hanya Bajak Laut Gol D.Roger yang pernah menapakkan kaki disana. 
-Di Chapter 507,Silver Rayleigh sebagai Wakil dari Bajak Laut Gol D.Roger.Tidak menjelaskan tentang One Piece,pembicaraannya terpotong oleh Luffy saat Usopp menanyakan "Benarkah Harta karun terbesar di dunia,maksudku One Piece ada di pulau terakhir?"Namun terpotong oleh Luffy yang langsung memarahi Usopp.
-Di Chapter 576,Shirohige sebagaiKapten dari Bajak Laut Whitebeard dan rival dari Gol D.Roger menjelaskan One Piece itu ada dan menyatakan jika seseorang menemukannya maka Dunia akan jungkir balik dan akan terjadi peperangan besar yang melibatkan seluruh dunia



Q:Mengapa pada Manga bahwa dijelaskan kaki zeef buntung karena memakan kakinya sendiri karena tidak tersediannya bahan makanan di pulau karang sementara di Anime dijelaskan kaki Zeef terpotong karena tersangkut oleh rantai jangkar kapal.
A:Karena adegan tersebut untuk mengurangi tindakan Sadis pada One Piece,di Anime selanjutnya Wajah Shirohige juga tidak terlihat hancur atau hilang akibat serangan Akainu.

Q:Bagaimana bisa Bajak Laut Don Krieg mempunyai armada kapal berjumlah 5000?
A:Tidak ada yang tidak mungkin,meski tidak tahu bagaiamana dia melakukannya,tetapi di New World kita akan menemui Bajak Laut yang armadanya lebih banyak dari Don Kreig seperti Bajak Laut Gold Lion Shiki.

Q : Petir yang menyambar tempat ekseskusi Luffy di Logue Town apakah kekuatan Dragon ?
A : Belum bisa dibuktikan,tapi kemungkinan itu peristiwa alami  

Q:Bagaimana cara kerja Denden Mushi?
A:Ada di SBS Volume 19 :
P:Apakah Denden mushi series itu makhluk hidup atau mesin? 

O:Mereka makhluk hidup.Tepatnya serangga.Karena dibesarkan oleh manusia yang memberi mereka makan,mereka tidak keberatan ditangkap dan di jinakkan : 
-Ko Denden Mushi 
Berukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana.Namun,karena sinyalnya lemah,tidak dapat digunakan untuk Hubungan Interlokal 
-Denden Mushi 
Terlalu besar untuk dibawa,Namun kekuatanya memungkinkan untuk melakukan hubungan Interlokal.juga dapat dipasangi pelengkap untuk mesin Fax. 
-Kuro Denden Mushi 
Tidak dapat tumbuh besar sesuai usia.Suka mencuri suara dan tidak suka berkomunikasi dengan sesamanya.Dapat digunakan sabagai alat penyadap. 

Q:Apa itu Schibukai?
A: Shichibukai adalah julukan bagi 7 orang bajak laut kuat yang bekerja untuk Pemerintah Dunia. Karena bekerja untuk pemerintah, tugas shichibukai sama seperti marinir yaitu menangkap bajak laut. Bedanya, shichibukai tidak terikat atasan atau perintah, karena pada dasarnya mereka bajak laut yg biasa bertindak bebas. Kalangan bajak laut menyebut Shichibukai sebagai “Anjing Pemerintah”
Susunan Shichibukai  adalah :
- exSir Crcodile
- exMarshal D.Teach
- exJinbei
- Juraquille Mihawk 
- Boa Hancock
- Gecko Moria
- Barthelemow Kuma
- Don Quixote Doflamingo
-Trafalgar Law


Q:Bagaimana sistem Bounty Bajak Laut yang menjadi Schibukai?
A:Ini sudah diterangkan oleh Oda dalam SBS Volume 36"
R:Halo,Saya ingin bertanya.Atas dasar apa harga pada buronan ONE PIECE ditetapkan?apa dari segi kekuatan?kalau benar,apakah harga 80 juta untuk Mr.O tidak terlalu sedikit?atau semakin jahat harganya semakin tinggi?atau ini hanya kesalahan dari pihak anda?pertanyaan ini sangat popular dikontes”Menjentik dahi”di sekolahku!tolong jelaskan 

O: Dipikir-pikir,ini pertanyaan yang menjebak.karena Schibukai ada di pihak pemerintah,harga mereka brubah saat mereka diterima.jadi,mereka bisa dibilang mantan buronan,tapi karena Baraque Works dibentuk oleh Crocodile diam-diam setelah dia menjadi Schibukai,jumlahnya tidak akan berubah.Harga itu akan berubah bila.Crocodile masih aktif berburu buronan,Paling tidak 2 X lipat dari harga 81 juta Berry


Q : Apa sih Batu Laut itu? Apa Fungsinya? Bagaimana Proses Terbentuknya? Dan Bagaimana Mendapatkannya? 
A : Batu Laut, atau yang dalam bahasa jepangnya disebut dengan kairouseki, adalah batu unik yg memancarkan energi yg sama dengan laut. 
Batu Laut adalah hasil penemuan Dr Vegapunk, seorang ilmuwan cerdas yg bekerja untuk Pemerintah Dunia dan Angkatan Laut. Batu tsb sudah digunakan oleh Angkatan Laut utk beberapa hal antara lain :
1. Melapisi bagian bawah kapal perang AL
kapal perang AL yg bagian bawahnya telah dilapisi Batu Laut dapat menyebrangi sarang monster laut terbesar dunia alias Calm Belt dengan aman. kenapa? karena bagian bawah kapal tsb memancarkan energi yg sama dgn laut. jadi monster yg melintas tidak akan menyadari keberadaan kapal tsb karena ia menganggap kapal tsb sebagai bagian dari air laut.AL memasang batu laut ini pada setiap kapal perang untuk memudahkan transportasi mereka ke luar grand line.

2. Alat terkuat AL utk melawan pengguna buah iblis
Batu Laut memancarkan energi serupa dengan laut sehingga ia memiliki efek yg serupa pula kepada para pengguna buah Iblis, yaitu melemahkan tubuh mereka. 
Oleh karenanya, AL kemudian memodifikasi batu laut ini menjadi berbagai peralatan seperti borgol, jaring, bahan baku persenjataan, hingga teralis penjara. Semua itu utk memudahkan mereka dalam mengatasi para bajak laut berkekuatan buah iblis.
Sampai saat ini belum diketahui bagaimana cara menciptakan batu laut atau mendapatkannya.
#batu laut tidak hanya digunakan oleh AL saja. Suku Shandia yg tinggal di Skypiea menggunakan batu laut sbg alas kendaraan langit(Waver) mereka. Dan pada kesempatan tertentu, mereka juga menggunakan batu laut untuk melawan pengguna buah iblis. 


Q : Apa itu “Will of D”?
A : Dalam dunia One Piece ada sejumlah orang yang memiliki inisial “D” pada namanya. Saat ini diketahui ada 8 orang berinisial D yaitu :
- Monkey D. Garp
- Monkey D. Dragon
- Monkey D. Luffy
- Jaguar D. Saulo
- Marshall D. Teach
- Portgas D Ace
- Portgas D. Rogue
- Gol D. Roger

Orang-orang berinisial D ini sering dihubungkan dengan “Will of D” atau “Hasrat dari D” tetapi sampai saat ni belum ada penjelasan pasti atas “Will of D” ataupun kepanjangan dari “D” itu sendiri. Teori yang populer adalah orang-orang berinisial D tersebut aslinya berasal dari satu klan/keluarga besar.


Q:Apa itu Yonkou?
A:Ada di Chapter 432.Empat bajak laut kuat,Kekuatannya dapat disejajarkan Schibukai dengan Marine.Biasanya seorang Yonkou memiliki kekuasaan terhadap separuh dari wilayah Grandline.


Q : Berapa bounty(harga buruan) Roger, Whitebeard, Mihawk, Dragon, Kaidou, Shanks, Rayleigh, dan Big Mom?
A : Bounty mereka belum diberitahu di manga hingga sekarang. Kalau pun ada bounty poster mereka di internet, itu adalah fake/fanmade semata.

Q : Berapa bounty Teach alias Blackbeard?
A : Di Chapter 474,Saat Moria bertanya pada Kuma tentang berapa bounty Teach, jawabannya adalah "zero"/ "nol". Kesimpulannya,Teach belum mendapatkan bounty meski sudah mengalahkan Ace dan membawanya ke Pemerintah karena merupakan syarat menjadi Schibukai.

Q : Saat Robin membaca poneglyph di skypiea, di situ juga ada tulisan Gold Roger, kan? Memangnya Roger bisa bahasa Poneglyph?
A : Di chapter 507 dijelaskan oleh Rayleigh bahwa Roger sesungguhnya tidak memiliki kemampuan memahami dan menerjemahkan poneglyph. Dia hanya memiliki, “The Power to hear the voice of things”(atau “kekuatan untuk mendengar suara dunia” menurut terjemahan elexmedia).
Belum diketahui kekuatan macam apa itu. Yang jelas, dgn kekuatan tersebut, Roger jadi bisa menulis dalam bahasa poneglyph. Dan pada puncaknya, ia berhasil menemukan sejarah dunia.


Q : Apa itu "Vivre Card" ?
A : Penjelasan Vivre card ada pada Chapter 489 di jelaskan oleh Lola sebagai Kapten dari Rolling Pirats.Vivre Card(disebut juga Kertas Kehidupan) adalah sebuah kertas ajaib yang berasal dari Dunia Baru,dapat menunjukkan daya hidup pemiliknya.Bawa potongan kukumu ke toko Khusus dan mereka akan mencampurinya kedalam kertas dengan bahan khusus Kertas ini tidak akan rusak meski dibasahi atau dibakar sekali pun.Namun kertas ini akan terbakar sedikit demi sedikit jika sang pemilik kertas dalam keadaan sekarat. Dan akan hilang sepenuhnya jika sang pemilik meninggal dunia.
Selembar vivre card dapat dirobek menjadi 2 atau lebih dan robekannya punya sifat saling tarik menarik satu sama lain. Contohnya, si A merobek vivre cardnya dan memberikannya ke si B. Kemudian bila si B menaruhnya di telapak tangan, robekannya akan bergerak ke arah vivre card yg dipegang si A, begitu pula sebaliknya.


Q : Siluet misterius yang muncul di Chapter  489 dari balik kabut  Ketika Luffy dkk meninggalkan Thiller Bark itu apa sih?
A : Masih misterius, belum ada penjelasan dari Oda.

Q : Apa itu “Harta Karun Kapten John”?
A : Harta karun kapten John adalah harta karun peninggalan bajak laut legendaris kapten John yang saat ini sedang diincar oleh Buggy. Buggy mengawali perburuannya di chapter 233, di sebuah pulau di Grand Line tetapi berakhir dgn kegagalan(karena peta harta karunnya palsu)
Belakangan, peta harta karun yang asli diketahui berbentuk gelang/armband yg dipakai Luffy yang didapatnya dari Thriller Bark. Gelang itu akhirnya diberikan ke Buggy dengan sukarela supaya dia mau membantunya menolong Ace.
Setelah perang di Marineford usai, Buggy kembali pada krunya dan menunjukkan gelang tersebut ke Alvida.Kemungkinan setelah ini Buggy masih akan melanjutkan pencarian harta karun kapten John..
Kapten John sendiri muncul sekilas di Thriller Bark sebagai jenderal zombie milik Moria.
Perlu diperhatikan : harta karun yang dicuri oleh Nami di Thriller Bark bukanlah harta karun Kapten John. itu semua adalah harta karun yang dirampas dari bajak laut yg menjadi korban Moria.



Q : Bagaimana nasib Moria setelah dikeroyok Doflamingo dan Pacifista?
A : Menurut kata Doflamingo di chapter 595, Moria menghilang –hilang dalam artian “lenyap di tempat”- begitu saja saat hendak dihabisi dan keberadaannya belum diketahui hingga kini.




Q:Apa itu Haki?
A:Ada di Chapter 597.Haki adalah kekuatan yang tependam dalam diri setiap manusai"Naluri","Semangat juang",dan kekuatan untuk memaksa"semua manusia memilikinya.
-"Haki Kenbunshoku"(Kemampuan untuk dengan kuat merasakan indikasi lawan,dapat mengetahui posisi dan jumlah mush di tempat tak terlihat dan dapat membaca gerakan lawan).
-"Haki Busoshoku"(Kemampuan untuk pertahanan juga dapat melawan Buah iblis khususnya tipe Logia juga dapat dialirkan melalui senjata)
-"Haki Haoshoku"(Kemampuan ini dapat mengintimidasi lawan atau membuatnya jatuh pingsan)


Saya edit dan kembangkan byFAQ Kaskus



Comments
0 Comments

0 komentar to “FAQ One Piece”

Posting Komentar

 

Baca Data |One Piece| Bahasa Indonesia Copyright © Community One Piece Fans Indonesian 25 Mei 2011 -- Template created by Magellan--Disponsori oleh : Doskoi Panda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...