Tutorial Blog One Piece Data | Meta Tags | HTML

Sabtu, 11 Agustus 2012

How To Oda Of Process Making One Piece

,


Terhitung sudah 15 Tahun Oda menggambar One Piece sejak diserialisasikannya di Weekly Shonen Jump sejak 4 Agustus 1997 ,Bagaimana Oda mengambil Tema Bajak Laut,itu berdasarkan Film yang dia Tonton sekitar 29 Tahun yang lalu (1983) Bikke the Little Viking.Oda juga terinspirasi dari Kinniku-man dan Fist of the North Star.Tapi efek dari Dragon Ball lah yang terbesar baginya.Dia mengatakan bahwa ia  telah banyak menggambar karya seni dari Mr.Toriyama ini.

Lalu Bagaimana proses terjadinya One Piece ? Cekidot :D
Peralatan apa saja yang dipakai oleh Oda untuk menggambar ?
                                             


Terlihat pada sebuah Gambar,peralatan yang Oda pakai hampir semua masih sederhana,tidak perlu sebuah peralatan yang bagus selama itu masih bisa digunakan

SBS Vol.29,Chapter 274
POJOK KOMIK
O:banyak orang yang menanyakan tentang peralatan membuat Manga,tapi karena aku sendiri tidak begitu tahu(wah),kali ini aku akan membahas peralatan umum yang biasa aku pakai.Sejujurnya,sebenarnya tidak ada masalh kok.

*Kertas disebut muse manga genkoyoshi(kertas komik muse).Terdiri dari 49 lembar dalam satu kemasan.Aku mendapat kertas yang masih polos,jadi tidak ada garis sama sekali.Bagi para pemula,carilah kertas yang sudah memiliki garis pemisa
*Pena: "Zebra G-pen" (Kiri) "Zebra round Pen " (Kanan) Ini hanya tips, masukkan tangkai isi pena yang dijual di toko-toko
*Tinta:Tinta pilot, Ini tergantung pada selera Anda. Aku tahu bahwa kebanyakan orang menggunakan "tinta gambar biasa" sebagai gantinya.
*Tone: "I-C screen" Ini adalah screentones. Ketika Anda membaca manga,kalian akan melihat gambar yang seolah-olah digambar atau diwarnai dengan sangat tipis.Sebenarnya itu adalah semacam Sticker transparan yang bias dipotong dan ditempatkan pada halaman itu.Sulit sekali bagi mereka yang sering menggunakan banyak tone,jadi ada beberapa trik untuk memakainya.

Nah sekarang kalian sudah siap menjadi seorang komikus,tergantung keahlian kalian


*Tambahan:Selain Peralatan menggambar,apa yang Oda butuhkan adalah sebuah Kopi,dalam sebuah wawancara Oda pernah mengakui tidurnya pernah hanya 4 jam/hari

Lalu Bagaimana Tahap sehingga Manga One Piece bisa di Publishkasikan?
           
SBS Vol.17,Chapter 149 
P:Bagaimana proses pembuatan Komik?Misalnya bagaimana suatu sketsa dibuat dan lainnya? 

O:Sketsa.Ya,kadang aku menampilkan galeri sketsa di Komik ini.Akn kujelaskan bagaimana urutannya hingga buku ini sampai ditangan kalian. 

*Sketsa 1(Penyisihan):Pertama-tama kami melakukan penyisihan. 
*Sketsa 2(Pertemuan):Membicarakan apa saja yang akan muncul di Bab berikut dengan orang-orang redaksi Jump. 
*Sketsa 3(Perencanaan):Memikirkan apa yang benar-benar akan ditampilkan dalam bab itu. 
*Sketsa 4(Sketsa):Menggambar Sketsa di selembar kertas kosong. 
*Sketsa 5(Mengirimkan sktsa):Mengirimkan Sketsa pada bos Via Fox.kalau dia tidak suka,kami akan berkelahi atau kugambar ulang. 
*Sketsa 6(Naskah Ali):Memanggil para Asisten ke rumah dan kami berbuat gila-gialaan selama 2-3 hari untuk menggambar naskah asli. 
*Sketsa 7(Penjualan majalah Jump):Majalah Jump di jual di seluruh Negeri. 
*Sketsa 8(Pertemuan);Sekarang aku berunding dengan bosku,Y,tentang Cover buku dan pewarnaannya. 
*Sketsa 9(Membuat kolom ekstra):Halaman-halaman Cover dan sebagainya 
*Sketsa 10(Penjualan Komik):Memerlukan waktu sebulan sebelum muncul di toko-toko,Sekian. 

Inilah garis besar cara kerja kami.Yah,Jadwalku memang seperti ini..Tapi aku yakin komikus lain punya jadwal sendiri.Cobalah dulu seblum membuat Sketsa yang akan menjadi Naskah asli seperti komikus lainnya.







Terlihat pada Gambar,Begitu Coolnya Oda sangat menggambar,dari sebuah goresan gambar yang tidak sempurna menjadi bentuk yang Nyata
*Gambar terakhir Versi english XD

Video Oda Menggambar: 
---------------------------------


Berapa Asisten yang Oda miliki dan Apa tugas dari Masing-masing Asisten tersebut?
Terakhir Dalam wawancaranya yang dimuat di One Piece Blue Deep,Oda mengatakan Asistennya berjumlah 4 orang 

SBS Vol.52,Chapter 507
P:Anda juga punya asisten,Oda-sensei?Kalu membaca komik lain,aku langsung tahu kalau ini dikerjakan asisten.Tapi beda dengan One Piece!!Apa Anda menggambar semuanya sejak Vol.pertama?
Dari cewek yang membaca ulang One Piece dari Vol. pertama

O:Tentu saja tidak!!Tidak mungkin aku melakukannya seorang diri.Para asisten biasanya menggambar latar belakang setelah kutunjukkan sketsa dan memastikan semuanya ada di posisi yang tepat.Mereka sangat berbakat!!Perbedaan yang kau maksud mungkin aku yang menggambarnya semua karakter”Hidup”seperti binatang,asap,awan dan lain-lain.Alasannya,karyamu akan terlihat aneh kalau bagian itu diberikan pada orang lain.Yah angap saja itu bagian dari obsesiku pada karya sendiri!! 


*Tambahan:Oda dulu berpikir itu keren dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat,tapi sekarang dia lebih suka meluangkan waktunya bersama mereka.(Really? pantas hasilnya (Kerja lama-Nya) terlihat jauh lebih rinci)

Dan inilah Ilustrasi Bagaiamana bentuk ruangan Kerja Oda bersama keempat asistennya.Sangat Berantakan ya dan pasti sangat-sangat super sibuk :D




Penyataan Terkait Animasi,Karya Oda Asli hanyalah pada Manga nya

SBS Vol.21,Chapter 194
O:Ehm.Akhir akhir ini aku banyak menerima pertanyaan,akan aku jawab segala sesuatu yang aku tahu tentang Animasi One Piece.Ini semua untuk menjawab pertanyaan atau cukup supaya kalian tahu.

1.Pertama.Harus aku beritahukan bahwa aku adalah Komikus.Aku tidak membuat Animasi.Yang kubuat adalah desain karakter untuk cerita orisinal Animasi dan Film.Tidak ada yang penting.Sebenarnya dunia One Piece yang kuciptakan didalam Komik telah dikerjaa kan oleh orang-orang lain dalam Animasi.
2.Aku ingin kalian mengingat nama ini.Konosuke Uda.Nama ini selalu muncul dalam daftar staf disetiap adegan pembuka Animasi.Beliau disebut sebagai series director yang kurang lebih sebagai sutradara utama.Keren kan?Sutradara Utama(DOONNG)
3.Untuk Animasi One Piece,termasuk Pak Konosuke Uda,ada tujuh Sutradara yang bergantian membuat episode,karena kau tidak akan bisa memutar Animasi 30 Menit sendirian setiiap minggu.Nama setiap Sutadara itu tercantm dalam daftar disetiap akhir episode dan orang yang telah mengumpulkan mereka semua adalah ya,konosuke Uda(wow!)
4.Jika anda pertentangan pendapat antara mereka dan aku.Luffy tidak akn dapat menjadi Luffy dan dunia pun akan menjadi sangat berbeda.Tidak perlu sekeras apa aku membuat cerita Orsinil,bial penyutradaraan Animasinya tidak tepat,semua akan sia-sia.Tapi..alasan kenapa hal itu tidak sampai terjadi dan bahkan lebih menakjubkan adalah rasa terima kasihku kepada Pak Uda dan seluruh stafnya yang begitu kenal dunia One Piece dan menyutradarainya.
5.Yang disebut menyutradarai,tentu saja tidak lepas dari music,sound,pengisi suara dan seni.Aku berterima kasih kepada mereka semua yang telah terlibat dalam Anmasi ini.Oh,ya..Juga Habu-yan yang telah memeriksa skenarionya.
6.Kenapa aku memberi tahu kalian tentang ini?Karena aku ingin kalian mengingat dan berterima ksih atas kerja keras orang-orang yang namanya tercantum dalam daftar para staf itu.
7.Aku tahu awalnya beliau terlihat Formal,tapi Pak Uda adalah orang yang sangat baik.Kadang-kadang aku pergi ke pesta atau makan bersamanya dan para produser(mereka juga orang-orang baik).Tapi…Aku sudah menyerahkan penggarapan Animasi ini pada mereka dan cukup menikmatinya sebagai penonton seperti kalian semua.Kadang aku juga menangis.
8.SBS selesai sampai bertemu di Vol.berikutnya!!


*Tambahan:The Movie Strong World dan Film Z merupakan Movie yang dibuat oleh ide Oda.
Meski Pandaman memang sosok yang dibuat oleh Oda,tapi Mungkin dia akan terus muncul walau Oda berhenti menggambarnya di komik.Itu karena ulah para animator yang sedang ingin bersenang-bersenang.

Penutup,Quote From Oda
~ Ketika saya punya sesuatu,saya ingin memberitahu para pembaca saya, saya tidak ingin malu - Saya ingin mengatakan itu secara Jujur ~

~ Orang yang ingin menjadi seniman Manga,tidak akan bisa jika kurang mencintai Manga. Dari saat saya berumur 4 tahun, satu-satunya masa depan yang dapat saya bayangkan sendiri adalah sebagai seniman Manga ~

~ Saya menjadi seniman manga karena aku ingin menggambar. Jadi, saya akan mengembangkan cerita saya untuk menggambar karya seni yang saya ingin gambar ~

~saya akan membuat “bagaimana cara untuk menyentuh hati orang-orang tanpa membunuh orang tersebut" sebagai salah satu tema saya. Saya merasa bahwa membunuh orang-orang itu terlalu mudah. Tapi, jika cerita ini dibiarkan mengalir menuju arah itu, akan menjadi percuma. Untuk saat ini, saya pikir ada cara bagi orang untuk tersentuh tanpa membunuh karakter~
Comments
0 Comments

0 komentar to “How To Oda Of Process Making One Piece”

Posting Komentar

 

Baca Data |One Piece| Bahasa Indonesia Copyright © Community One Piece Fans Indonesian 25 Mei 2011 -- Template created by Magellan--Disponsori oleh : Doskoi Panda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...